Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Shalat Jumat Bersama, 30 Umat Syiah dan Sunni Irak Tewas Dibom

Kompas.com - 13/09/2013, 22:09 WIB
BAQUBA, KOMPAS.com — Dua serangan bom yang hampir bersamaan terjadi di sebuah tempat shalat bersama umat Syiah dan Sunni di kota Baquba, Irak, Jumat (13/9/2013), menewaskan sedikitnya 30 orang.

Dua bom pinggir jalan meledak di luar Masjid Al-Salam, sebuah masjid Sunni di kota Baquba, yang hari itu digunakan sebagai lokasi shalat Jumat bersama umat Syiah dan Sunni.

"30 orang tewas dan 24 orang lainnya terluka akibat ledakan dua bom," kata Mayor Ahmed al-Azzawi, perwira AD Irak yang juga dokter di rumah sakit Baquba.

Baquba yang terletak 60 kilometer di sebelah utara Baghdad dan Provinsi Diyala merupakan wilayah yang sebagian besar warganya adalah Muslim Sunni.

Namun, di kawasan itu hidup pula pemeluk Syiah dalam jumlah yang signifikan serta kelompok minoritas Kurdi.

Kota Baquba sebelumnya dikenal sebagai salah satu kawasan paling stabil di Irak. Namun, pada Selasa (10/9/2013), tiga bom mobil mengguncang kota itu dan menewaskan 10 orang.

Gelombang kekerasan sektarian di Irak sepanjang 2013 telah menewaskan lebih dari 4.000 orang. Kondisi ini memicu kekhawatiran Irak akan kembali terseret dalam perang sektarian seperti terjadi pada 2006-2007.

Pemerintah Irak berusaha untuk mengatasi aksi kekerasan itu dengan operasi militer yang menargetkan kelompok-kelompok militan.

Pemeriksaan ketat hampir di seluruh sudut ibu kota Baghdad juga terus dilakukan. Namun, serangan demi serangan terus terjadi mengguncang sebagian besar wilayah Baghdad dan Irak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com