Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tentara Filipina dan Pemberontak Moro Kembali Baku Tembak

Kompas.com - 12/09/2013, 13:58 WIB
ZAMBOANGA, KOMPAS.com — Baku tembak kembali pecah, Kamis (12/9/2013), antara pasukan Pemerintah Filipina dengan pemberontak Moro yang selama beberapa hari mengepung kota Zamboanga, Filipina selatan.

Pasukan Filipina menggunakan mortir dan para penembak jitu untuk merangsek maju ke posisi pasukan pemberontak Front Nasional Pembebasan Moro (MNLF).

Perlahan-lahan, pasukan Filipina berhasil maju ke posisi pemberontak yang selama empat hari terakhir berlindung di sejumlah kampung di pinggiran kota Zamboanga.

"Kami mencoba untuk memastikan para pemberontak tidak akan keluar," kata juru bicara angkatan bersenjata Filipina, Letkol Ramon Zagala.

Ratusan personel pasukan khusus dibantu pasukan kepolisian mengepung sekitar 180 orang anggota pemberontak.

Mereka mencoba masuk ke persembunyian pemberontak tanpa menjatuhkan korban warga sipil di kawasan padat penduduk itu.

"Kami tak bisa melakukan serangan frontal tanpa memikirkan nasib para sandera," kata Zagala setelah mengetahui para pemberontak menggunakan sandera sebagai tameng hidup.

Krisis ini dimulai empat hari lalu saat para pemberontak MNLF mendarat di pesisir Zamboanga. Aksi mereka ini membuat sedikitnya 13.000 warga mengungsi dan membuat kota Zamboanga seperti kota mati.

Para pemberontak yang adalah pengikut pendiri MNLF Nur Misuari, yang memperbarui deklarasi kemerdekaan Moro sebulan lalu, diyakini bersembunyi di sekitar 80 rumah di desa pesisir itu.

Sejauh ini, pertempuran di Zamboanga sudah menewaskan 12 orang, yaitu dua warga sipil, seorang polisi, seorang tentara, dan delapan pemberontak.

MNLF mulai memberontak pada 1971 hingga perjanjian otonomi terbatas ditandatangani pada 1996.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com