Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galeri Nasional Pamerkan Potret Malala

Kompas.com - 10/09/2013, 17:11 WIB
Lukisan potret aktivis pendidikan perempuan, Malala Yousafzai, akan dipajang dalam pameran di National Portrait Gallery di London, salah satu galeri penting di Inggris.

Dengan tinggi satu meter, lukisan itu menjadi bagian dari pameran pelukis Jonathan Yeo dan kelak akan dijual untuk menggalang dana bagi yayasan yang didirikannya untuk memperjuangkan pendidikan perempuan.

Malala, yang ditembak oleh militan Taliban di kampung halamannya di kawasan Pakistan yang dekat dengan perbatasan Afganistan, kini tinggal di Birmingham.

Taliban menjadikan anak perempuan berusia 16 tahun itu sebagai sasaran karena mereka menentang perjuangan Malala untuk memberikan pendidikan bagi anak perempuan.

"Saya merasa terhormat dengan rencana National Portrait Gallery untuk memamerkan lukisan saya dan tersentuh dengan permintaan Jonathan untuk melukis saya," tuturnya kepada kantor berita PA. "Saya kira dia benar-benar mendapatkan saya dalam lukisan itu."

Malala juga mengucapkan terima kasih kepada Jonathan Yeo yang bersedia menyumbangkan lukisan itu kepada Yayasan Malala.

Masih remaja

Bagi Yeo, bekerja sama dengan Malala dan keluarganya dianggapnya sebagai sebuah hal yang istimewa. "Mengingat betapa banyak yang sudah dilaluinya dan bahwa dia mewakili dunia, perlu waktu lama untuk menyadari bahwa dia merupakan seorang remaja."

"Semoga lukisannya mencerminkan paradoks yang mencerminkan seorang yang kuat dan bijak, namun pada saat bersamaan masih muda dan rentan," tambah Yeo.

Awal tahun ini, Malala menandatangani kontrak penulisan buku tentang kisah hidupnya dengan judul I am Malala yang dilaporkan bernilai 3 juta dollar AS.

Pameran di pusat kota London itu akan dibuka pada Rabu 11 September hingga 5 Januari 2014.

Selain lukisan potret Malala, yang juga akan dipajang adalah gambar raja media, Rupert Murdoch.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com