Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Topik Dialog Kaesong Masih Kompensasi

Kompas.com - 10/09/2013, 15:02 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Topik dialog kawasan industri Kaesong antara dua Korea masih seputar kompensasi. Hingga sesi pembukaan kembali pada Selasa (10/9/2013), topik itu tetap mengemuka.

Pihak Utara masih bersikukuh kalau Selatan mesti menyediakan kompensasi terhadap penutupan Kaesong. Kompensasi itu harus ditujukan kepada perusahaan-perusahaan yang terpaksa tutup operasi lantaran kebijakan penutupan tersebut.

Korut menutup sementara Kaesong lantaran tensi politik yang memanas di Semenanjung Korea. Korut menganggap Korsel mempertajam perseteruan karena melakukan latihan militer dengan AS.

Dua Korea mendirikan Kaesong pada 2004. Kawasan industri yang berada di wilayah Korea Utara itu menjadi simbol kerja sama kedua negara, sebagaimana warta AP.

Pada April 2013, tensi dua Korea menanjak karena selain tudingan kerja sama militer antara Korsel dengan AS, muncul pula tuduhan soal pengembangan potensi senjata nuklir oleh Korea Utara.

Lantaran penutupan itu, 53.000 pekerja asal Korut terpaksa dirumahkan. Sementara, 123 perusahaan asal Korsel di Kaesong juga berhenti berproduksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com