Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/09/2013, 12:52 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com -Panel Konstitusi teranyar Mesir berisi tokoh-tokoh beragam. Catatan MENA pada Senin (9/9/2013) pagi menunjukkan pemimpin panel yang berisi 50 anggota itu adalah Amr Moussa.


Sosok Moussa bukanlah orang baru dalam perkembangan politik Mesir. Soalnya, pria kelahiran Kairo pada 3 Oktober 1936 ini adalah mantan Sekretaris Jenderal Liga Arab. Sepuluh tahun lamanya, Moussa menduduki jabatan ini sampai dengan 1 Juni 2011.

Tak cuma itu, putra mantan anggota parlemen Mesir Mohammad Moussa ini adalah mantan Menteri Luar Negeri Mesir periode 1991 sampai dengan 2001. Periode 1958 sampai dengan 1972 adalah masa bagi Moussa menjalani pekerjaan sebagai diplomat karier mulai dari Swiss, PBB hingga India.

Terkait panel tersebut, tercatat ada 3 wakil dari Al-Azhar, institusi religius utama warga sunni. Lalu, ada 3 pemuka agama Kristen. Masuk juga di panel ini adalah pakar pendidikan dari universitas dan kelompok seniman Mesir.

Kemudian, 4 anggota panel berasal dari kalangan pemuda. Mereka memegang peran penting saat menggulingkan Hosni Mubarak hingga Mohamed Morsi.

Selanjutnya, masih ada 2 kursi bagi kelompok Islam lainnya. Satu untuk Ikhwanul Muslimin (IM). Satu lagi untuk kelompok Islam ultrakonservatif Salafi, Partai Nour.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com