Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerry: Liga Arab Setuju Suriah Lewati "Garis Merah Global'

Kompas.com - 09/09/2013, 12:44 WIB
PARIS, KOMPAS.COM - Menteri Luar Negeri AS, John Kerry, mengatakan para menteri Liga Arab sepakat dalam pembicaraan di Paris bahwa Suriah sudah melewati "garis merah global" terkait dugaan serangan senjata kimia.

Kerry mengatakan, sejumlah negara Arab bersedia untuk menandatangani pernyataan yang disepakati 12 negara G-20 yang menyerukan sebuah reaksi atas serangan yang dituduhkan itu, dan bahwa mereka akan membuat pengumuman dalam 24 jam ke depan.

"Kita semua setuju, tak satu pun yang tidak setuju, bahwa penggunaan senjata kimia oleh Assad... melewati sebuah garis merah global," kata Kerry kepada wartawan setelah pembicaraan itu. "Hari ini (Minggu, 8/9) kami membahas langkah-langkah yang mungkin dan perlu yang dapat diambil. Sejumlah negara segera menandatangani kesepakatan G-20 itu," kata Kerry, yang menyebut Arab Saudi sebagai satu di antara negara itu.

"Saya tidak akan menyebutkan nama negara-negara lain karena kami sepakat dalam pertemuan, mereka akan kembali dan membuat pengumuman sendiri, yang akan mereka lakukan dalam waktu 24 jam ke depan," kata Kerry.

Kerry bertemu dengan Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Saud al-Faisal, yang kata dia telah menyatakan dengan jelas dukungan negaranya terhadap aksi militer.

"Mereka mendukung serangan itu dan mereka telah mendukung untuk mengambil tindakan," kata Kerry.

Menteri Luar Negeri Qatar, Khaled al-Attiyah, mengatakan dugaan serangan pada 21 Agustus memperlihatkan rezim Bashar al-Assad telah bergerak dari perang konvensional ke "senjata pemusnah massal". "Jika masyarakat internasional benar-benar ingin melindungi perdamaian dan keamanan internasional, tidak cukup berdiri diam sementara orang-orang yang tidak bersenjata diserang dengan senjata-senjata seperti itu," katanya.

Pembicaraan hari Minggu itu mempertemukan para pejabat dari Liga Arab, Bahrain, Mesir, Yordania, Kuwait, Maroko, Palestina, Qatar, Uni Emirat Arab dan Arab Saudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com