Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taliban Bebaskan Anggota Parlemen Perempuan Afganistan

Kompas.com - 08/09/2013, 05:13 WIB
KABUL, KOMPAS.com - Kelompok Taliban, Sabtu (7/9/2013) mengatakan, telah membebaskan seorang anggota parlemen perempuan Afganistan yang ditahan sejak 10 Agustus lalu sebagai alat tukar untuk enam tahanan Taliban.

Taliban mengatakan Fariba dibebaskan setelah pemerintah Afganistan membebaskan empat perempuan dan dua anak-anak yang ditahan.

Empat perempuan dan anak-anak itu ditahan karena mereka bersuamikan anggota pemberontak Taliban.

"Emirat Islam Afganistan menyeragkan kembali perempuan anggota parlemen kepada keluarganya di provinsi Ghazni sebagai bagian dari tukar menukar tahanan, setelah empat perempuan dan dua anak-anak yang ditahan pemerintah Kabul dibebaskan," kata Taliban dalam sebuah pernyataan.

Gubernur Provinsi Ghazni Musa Khan Akbarzada membenarkan pembebasan Farida Ahmadi Kakar itu.

"Saya dapat memastikam di (Farida) sudah dibebaskan, Taliban seharusnya tidak menculik perempuan," kata Musa.

Fariba Agmadi Kakar, satu dari 69 orang anggota parlemen Afganistan, bersama tiga anaknya diculik bulan lalu oleh para pemberontak Taliban di Provinsi Ghazni, dalam perjalanan dari Kabul menuju Kandahar.

Ketiga anak Fariba kemudian dibebaskan. Pejabat Afganistan mengklaim pembebasan ketiga anak Fariba itu adalah bagian dari sebuah operasi penyelamatan.

Namun, para tetua suku lokal mengatakan pembebasan itu dilakukan setelah penculik menerima uang tebusan yang sangat besar.

Fariba terpilih menjadi anggota parlemen pada 2005 lewat jalur calon independen. Sebelum terjun ke dunia politik, Fariba berprofesi sebagai guru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com