Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kevin Rudd Ucapkan Selamat pada Tony Abbott

Kompas.com - 07/09/2013, 19:16 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com - Perdana Menteri Australia Kevin Rudd mengakui kekalahan dari Tony Abbott dalam pemilihan umum yang digelar pada Sabtu (7/9/2013).

"Saya baru saja menelepon Tony Abbott untuk menyatakan kekalahan pada pemilihan umum ini," kata Rudd dalam sebuah acara Partai Buruh di Brisbane, Sabtu.

"Sebagai perdana menteri Australia, saya mengucapkan selamat menduduki kursi perdana menteri negara ini," kata Rudd.

Dari total 80 persen suara yang telah dihitung oleh Komisi Pemilihan Umum Australia, koalisi Liberal/Nasional pimpinan Abbott memimpin dengan perolehan 88 kursi parlemen, sementara Partai Buruh pimpinan Rudd mendapatkan 56 suara.

Pada sambutan di hadapan para pendukungnya, Rudd mengatakan, Partai Buruh sudah "bertarung dengan baik". "Malam ini merupakan waktu bagi kita untuk bersatu sebagai bangsa Australia yang hebat," kata Rudd.

"Sebab apapun garis politik kita, yang paling utama dan penting adalah kita bangsa Australia dan hal-hal yang menyatukan kita jauh lebih kuat dibandingkan yang memisahkan kita. Karena itulah dunia mengagumi Australia," ujar Rudd yang disambut meriah para pendukungnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com