Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rakyat Australia Masih Menanti Hasil Pemilu

Kompas.com - 07/09/2013, 18:01 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Hingga berita ini diunggah, rakyat Australia masih menanti hasil pemilihan umum pada Sabtu (7/9/2013). Sampai kini memang pemilu sudah ditutup.

Menurut warta ABC, jajak pendapat menunjukkan kalau Partai Buruh, partai asal kandidat petahana Kevin Rudd, menghadapi goncangan kuat dari Partai Liberal. Hal tersebut bisa dilihat dari hasil sementara di negara-negara bagian seperti New South Wales, Victoria, Queensland, dan Tasmania.

Sementara, pengamat politik Antony Green mengatakan banyak perubahan suara dukungan, jika dibandingkan pada pemilu sebelumnya. Bahkan sejumlah anggota parlemen yang menduduki posisi kunci pun terancam kursinya.

"Kita bisa katakan bahwa pemerintah telah dikalahkan oleh Koalisi. Sekarang yang kita bisa lakukan adalah melihat seberapa besar perubahan suara dukungan," ujar Antony Green.

Tony Abbott, yang diperkirakan akan menjadi Perdana Menteri Australia ke-28, sepertinya akan memuluskan jalannya untuk menyapu kursi di parlemen dengan koalisinya. Sementara, Perdana Menteri Kevin Rudd, diperkirakan akan tetap mendapatkan posisinya di senat.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com