Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengawal Hitler Terakhir Meninggal Dunia di Berlin

Kompas.com - 06/09/2013, 22:42 WIB

BERLIN, KOMPAS.com — Saksi terakhir yang mendampingi pemimpin Nazi Jerman, Adolf Hitler, meninggal dunia di Berlin, Jerman, Kamis (5/9/2013), pada usia 96 tahun.

Rochus Misch dikenal sebagai salah satu sersan yang berdinas di kesatuan yang diberi tugas mengawal Hitler.

Salah satu tugas utamanya adalah menjadi operator telepon di kantor pusat Hitler selama lima tahun dan termasuk satu dari sedikit orang yang melihat Hitler di hari-hari terakhir sebelum Hitler bunuh diri di sebuah bungker di Berlin.

Setelah Perang Dunia II berakhir, Misch mendekam di penjara Uni Soviet selama sembilan tahun.

Ia tetap setia kepada Hitler sampai ia meninggal dunia dan menyebut Hitler sebagai atasan yang hebat. Ia biasa menyebut Hitler "bos".

"Hitler orang yang normal ... ia bukan monster. Ia bukan manusia super," kata Misch dalam wawancara dengan kantor berita AP pada 2005.

Misch menerbitkan memoar pada 2006. Namun, beberapa pihak mengatakan memoar ini terlalu membesar-besarkan perannya sebagai pengawal Hitler.

Dalam wawancara dengan AP, Misch mengatakan, ia mengawal Hitler siang dan malam selama lima tahun, termasuk ketika Hitler berada di bungker.

"Ia (Hitler) bos yang menyenangkan. Saya hidup dengannya selama lima tahun. Kami termasuk orang-orang terdekat yang bekerja untuknya... kami selalu berada di sekitarnya," ungkap Misch.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com