Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uni Eropa: Semua Bukti Mengarah kepada Assad

Kompas.com - 06/09/2013, 22:01 WIB
VILNIUS, KOMPAS.com — Para menteri pertahanan Uni Eropa, Jumat (6/9/2013), menyatakan, dari berbagai bukti yang dikumpulkan, semua menunjukkan Presiden Suriah Bashar al-Assad adalah dalang serangan kimia pada 21 Agustus di dekat Damaskus.

"Terdapat banyak bukti bahwa rezim (Assad) yang menggunakan senjata kimia," kata Menteri Pertahanan Lithuania Juozas Olekas di sela-sela pertemuan para menhan Uni Eropa di Lithuania.

Meski demikian, lanjut Olekas, terdapat beberapa opini terkait respons yang harus dilakukan terhadap Suriah.

"Yang jelas seluruh menteri pertahanan mengecam penggunaan senjata kimia dan pelakunya harus bertanggung jawab," tambah Olekas.

Sementara itu, seorang pejabat Uni Eropa yang tak ingin disebutkan namanya mengatakan, Perancis dan Denmark menjadi negara yang paling vokal menyuarakan intervensi militer terhadap rezim Bashar al-Assad. Sementara Italia dan Spanyol sangat skeptis terkait rencana serangan militer.

"Namun, tak seorang pun menyatakan kecaman jika serangan militer ke Suriah jadi dilaksanakan," kata pejabat itu.

Para menteri luar negeri Uni Eropa juga membahas masalah Suriah dalam pertemuan di Vilnius itu. Dijadwalkan Menlu AS John Kerry akan bergabung dalam pertemuan itu Sabtu (7/9/2013).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com