Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Sempat Berbincang, Obama dan Putin Tetap Tak Sepakat soal Suriah

Kompas.com - 06/09/2013, 21:30 WIB
ST PETERSBURG, KOMPAS.com — Presiden AS Barack Obama dan Presiden Rusia Vladimir Putin, Jumat (6/9/2013), gagal menjembatani perbedaan mereka terkait rencana intervensi militer ke Suriah.

Upaya untuk mengurangi perbedaan pendapat kedua pemimpin itu tak berhasil. Kedua pemimpin itu juga tak secara resmi menggelar pembicaraan dalam KTT G-20 yang digelar di St Petersburg, Rusia, itu.

Obama dan Putin memang sempat bertemu dan berbincang selama setengah jam di sela-sela KTT. Namun, keduanya tetap tak menemukan kata sepakat soal Suriah.

"Kami duduk dan berbincang. Itu pembicaraan yang konstruktif, berarti, dan hangat. Namun, kami berdua tetap dengan pendapat kami masing-masing," kata Putin kepada wartawan dalam sebuah jumpa pers.

Putin menjadi salah seorang penentang keras intervensi militer ke Suriah terkait serangan senjata kimia 21 Agustus lalu yang diyakini Barat didalangi rezim Presiden Bashar al-Assad.

Sementara itu, dalam jumpa pers di St Peterburg, Presiden Barack Obama kembali mempertahankan rencananya untuk melakukan intervensi militer ke Suriah.

Dia menegaskan, dunia tak bisa tinggal diam atas penggunaan senjata kimia oleh rezim Suriah.

Obama juga menegaskan bahwa kalangan militer membuat dia yakin bahwa serangan militer ke Suriah akan berlangsung singkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com