Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilu Australia: Kampanye Terakhir Rudd dan Abbott

Kompas.com - 06/09/2013, 14:34 WIB
Perdana Menteri Australia Kevin Rudd dan lawan politiknya Tony Abbott hari Jumat (06/09) melakukan kampanye terakhir menjelang pemilihan umum Sabtu esok. Jajak pendapat menunjukkan koalisi oposisi pimpinan Abbott memiliki peluang menang lebih besar dibandingkan partai Buruh.

Tapi Perdana Menteri Kevin Rudd lebih disukai oleh pemilih mengambang dan mereka bisa memberikan suara tambahan. Ekonomi dan pencari suaka adalah beberapa isu kunci yang menjadi perhatian pemilih.

Jajak pendapat terakhir mengindikasikan koalisi Liberal-Nasional akan meraih 53 persen suara sedangkan Buruh 47 persen.

Semua surat kabar besar, kecuali The Age, mendukung koalisi.

Pada hari Jumat Rudd berkampanye di Pantai Tengah New South Wales, sedangkan Abbott mendatangi sebuah pabrik gitar di Melbourne.

Rudd menekankan catatan ekonomi pemerintah dan mengatakan prioritasnya adalah "pekerjaan, lebih banyak pekerjaan, kesehatan, rumah sakit dan akses broadband, serta terus memberikan tekanan untuk bantuan biaya hidup."

Ia juga mengkritik berbaliknya sikap koalisi atas isu kebijakan internet sebagai sebuah "lelucon."

Oposisi hari Kamis mengumumkan kebijakan untuk menyaring konten dewasa dari internet, dan pelanggan harus setuju jika ingin tetap memiliki akses internet.

Kebijakan itu dihapus beberapa jam kemudian.

Abbott mengatakan gagalnya "kontrol kualitas" menyebabkan kebijakan itu "tidak terkomunikasikan dengan baik."  "Kami tidak mendukung kebijakan menyaring internet," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com