Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Curi Perahu Katamaran, Warga Rusia Malahan Tak Tahu Cara Berlayar

Kompas.com - 06/09/2013, 12:47 WIB
Josephus Primus

Penulis


KOMPAS.com —
Astrakhantcev Aetpaxahueb, seorang warga Rusia di Thailand, berhasil mencuri sebuah perahu jenis katamaran. Perahu jenis ini memunyai dua lambung seimbang di sisi kiri dan kanan. Sementara itu, bagian tengahnya bolong.

Perahu jenis ini biasanya bisa berlayar dengan dua cara. Yang pertama, mesin berbahan bakar minyak. Yang kedua, kain layar yang bergantung pada tiupan angin laut.

Alhasil, dia mengemudikan perahu yang juga dimiliki warga Rusia, Olec Ocorodov, yang biasa menyewakan perahu jenis itu kepada pelancong di Pantai Sattahip, Thailand, 12 mil laut dari pantai. Namun, Aetpaxahueb ternyata tak tahu cara berlayar. Di tengah laut, kapal itu kehabisan bahan bakar. Tak tahu cara berlayar, Aetpaxahueb akhirnya terkatung-katung di laut bersama kapal curiannya.

Indonesia

Menurut warta Bangkok Post pada Jumat (6/9/2013), sebuah kapal nelayan berpapasan dengan perahu katamaran itu. Menyaksikan sesuatu yang janggal dan mencurigakan, awak kapal nelayan melaporkan keadaan kapal katamaran itu ke petugas setempat.

Kemudian, berbekal laporan itu, polisi laut Sattahip bertolak menuju kapal curian itu. Butuh waktu cukup lama untuk mencokok Aetpaxahueb. Soalnya, dia bertahan di bawah dek.

Singkat kata, dalam pemeriksaan ketahuan kalau Aetpaxahueb tak bisa berlayar. "Tadinya, saya mau kabur ke Indonesia atau Filipina," aku pemuda berusia 20 tahun tersebut.

Hingga berita ini diunggah, polisi masih memeriksa Aetpaxahueb. Sementara itu, polisi juga masih meminta keterangan pemilik perahu, Olec Ocorodov.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com