Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taliban Tembak Mati Perempuan India Penulis Buku

Kompas.com - 05/09/2013, 22:01 WIB

KABUL, KOMPAS.com — Kelompok militan Taliban Afganistan, Kamis (5/9/2013), menembak mati seorang perempuan India yang menulis catatan harian tentang pengalamannya kabur dari cengekeraman Taliban.

Sushmita Banerjee, yang menikah dengan seorang pengusaha Afganistan, ditembak mati di luar rumahnya di Provinsi Paktika.

Buku memoarnya yang mengisahkan upayanya lari dari Taliban pada tahun 1995 menjadi buku laris di India dan diangkat menjadi film Bollywood pada tahun 2003.

Beberapa waktu lalu Banerjee—yang juga dikenal sebagai Syaed Kamala—kembali ke Afganistan untuk tinggal bersama suaminya.

Seorang pejabat senior polisi mengatakan kepada wartawan BBC, Jafar Haand, bahwa Banerjee bekerja sebagai petugas kesehatan di Paktika dan membuat film tentang kehidupan perempuan setempat sebagai bagian dari pekerjaannya.

Polisi mengatakan, militan Taliban tiba di rumahnya di ibu kota Provinsi Paktika, Kharana, dan mengikat suami dan anggota keluarga lainnya.

Banerjee kemudian dibawa ke luar rumah dan ditembak mati. Jenazahnya dibuang di dekat sebuah madrasah.

Perempuan berusia 49 tahun ini terkenal karena memoarnya berjudul A Kabuliwala's Bengali Wife yang artinya 'Istri Bengali Kabuliwala' tentang pelariannya dari Taliban bersama suaminya, Jaanbaz Khan.

Memoar itu diangkat ke layar lebar dengan judul Escape From Taliban dan digambarkan sebagai "kisah tentang seorang perempuan yang berani menghadapi Taliban".

Pada masa pemerintahan Taliban—sebelum digulingkan invasi AS pada 1993—dia diperintahkan menutup bisnis apotek di rumahnya dan dicap sebagai "perempuan dengan moral buruk".

Ia berhasil kabur dari Afganistan pada awal 1994. Namun, ia ditemukan iparnya ketika sedang berada di ibu kota Pakistan, Islamabad, untuk meminta bantuan ke Kedutaan Besar India dan dia dibawa kembali ke Afganistan.

Banerjee dikenai tahanan rumah dan memutuskan untuk melarikan diri dari rumah suaminya, yang terletak sekitar tiga jam perjalanan dari Kabul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com