Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suriah Minta Perancis Tidak Menyerang Tanpa Restu Parlemen

Kompas.com - 04/09/2013, 21:01 WIB
DAMASKUS, KOMPAS.com - Ketua parlemen Suriah Jihad Lahham, Rabu (4/9/2013), menyerukan agar Perancis tidak bertindak sebelum anggota parlemen Perancis berunding untuk menentukan dukungan mereka terhadap rencana negeri itu terlibat dalam serangan militer ke Suriah.

"Anggota parlemen Suriah bertekad untuk mendapatkan kebenaran. Dan kami minta Anda tidak melakukan tindakan apapun, karena Anda harus membawa Perancis menjauh dari jalan perang dan memilih diplomasi," kata Jihad Lahham seperti dikutip kantor berita SANA.

"Sebelum mengumumkan perang, bukankan masuk akal jika Anda menunggu barang sejenak?" tambah Lahham dalam pernyataan yang ditujukan untuk majelis rendah dan senat Perancis.

Lahham melanjutkan, meski sudah merasakan tragedi di Irak, beberapa kelompok berusaha memicu perang baru untuk menghancurkan Suriah yang sekuler.

"Serangan ke Suriah akan menuntun ke arah konflik konvensional di kawasan dan akan menambah penderitaan manusia," ujar Lahham.

Parlemen Perancis dijadwalkan menggelar debat soal Suriah pada pukul 14.00 GMT atau pukul 21.00 WIB, menyusul permintaan Presiden Francois Hollande agar negeri itu ikut "menghukum" Suriah atas penggunakan senjata kimia pada 21 Agustus lalu.

Meski menggelar debat pada Rabu, namun parlemen Perancis kemungkinan besar tidak akan menggelar pemungutan suara di hari yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com