Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yaman Adili Lima Warga Saudi Anggota Al Qaeda

Kompas.com - 04/09/2013, 20:45 WIB
SANAA, KOMPAS.com - Yaman, Rabu (4/9/2013), adili lima warga Arab Saudi anggota Al Qaeda yang berencana melakukan sejumlah serangan terhadap anggota militer negeri itu. Demikian kantor berita Yaman Saba mengabarkan.

Kelim orang itu juga diadili dengan tuduhan memalsukan berbagai dokumen untuk mendapatkan paspor yang memungkinkan mereka bepergian ke Suran dan Suriah.

Di Suriah, lanjut seorang sumber di pengadilan Yaman, kelima orang itu bergabung dengan pasukan pemberontak.

Kelima warga Saudi itu menyatakan tidak bersalah atas semua tuduhan yang dijatuhkan kepada mereka. Sidang selanjutnya akan digelar pada 11 September mendatang.

Yaman adalah negeri nenek moyang pendiri Al Qaeda, Osama bin Laden dan markas kelompok Al Qaeda Semenanjung Arab (AQAP), yang dianggap AS sebagai salah satu kelompok militan yang paling berbahaya.

AQAP dibentuk pada Januari 2009 yang merupakan merger antara cabang Al Qaeda di Arab Saudi dan Yaman.

Kelompok ini mengambil keuntungan saat kisruh politik terjadi di Yaman sepanjang pemberontakan rakyat menggulingkan presiden Ali Abdullah Saleh pada 2011.

Pada saat itu AQAP berhasil menguasai wilayah yang cukup luas di bagian selatan Yaman.

Pada Juni 2012, pasukan Yaman berhasil memukul mundur AQAP yang mulai lemah terutama akibat serangan drone AS. Namun, AQAP masih melakukan serangan gerilya terhadap pasukan keamanan Yaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com