Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekardus Mangga Terjual Rp 300 Juta di Sydney

Kompas.com - 04/09/2013, 13:18 WIB
SYDNEY, KOMPAS.COM — Musim mangga telah tiba kembali di Benua Kanguru. Menandai datangnya musim ini, Pasar Sydney menggelar lelang mangga, Rabu (4/9/2013), yang dihadiri para politisi termasuk Pemimpin Oposisi Tony Abbott.

Yang mengejutkan, dalam lelang itu, sekardus mangga pertama musim ini terjual dengan harga 30.000 dollar Australia atau sekitar Rp 300 juta.

Mangga produksi petani dari Wilayah Utara atau Northern Territory (NT) itu dibeli oleh Heath McInerney, dari perusahaan Fresh Fellas, yang bertindak atas nama sekitar 100 pedagang dan 55 toko yang ada di Pasar Sydney.

McInerney, mewakili para pedagang, menyatakan bangga. "Saya sangat bangga bisa mengambil bagian dari lelang hari ini. Pasar ini telah membantu kami selama ini, jadi kami bangga untuk terlibat," katanya.

Kepala Pasar Sydney Brad Latham mengatakan, meskipun harga sekardus mangga kali ini lebih rendah dari harga tahun lalu yang mencapai 50.000 dollar, hal ini tetap menunjukkan peningkatan harga dibanding ketika lelang kali pertama pada 1970. Saat itu, harga sekardus mangga laku terjual 65 dollar.

Uang hasil penjualan ini akan disumbangkan kepada Yayasan Kanker Prostat Australia, Dewan Kanker NSW, dan OzHarvest.

Meskipun kardus itu secara simbolis dinamai mangga pertama musim ini, produksi buah tropis dari NT tersebut sudah masuk ke pasar beberapa waktu sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com