Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Upayakan Aksi Terbatas untuk Suriah

Kompas.com - 04/09/2013, 08:45 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.COM - Presiden Barack Obama mengatakan aksi militer Amerika Serikat atas Suriah akan 'terbatas dan proporsional'. Serangan ke Suriah, menurut Obama, juga akan melemahkan kemampuan Presiden Bashar al-Assad dan menguatkan kelompok perlawanan.

"Yang kami bayangkan adalah sesuatu yang terbatas. Sesuatu yang proporsional. Hal itu akan melemahkan kemampuan Assad," kata Obama.

Hal itu diungkapkan saat pertemuan dengan para pemimpin komite Kongres AS untuk menggalang dukungan bagi aksi militer sebagai tanggapan atas serangan yang diyakini Washington merupakan serangan oleh pemerintah Suriah.

"Pada saat yang sama kami memiliki strategi yang lebih meluas yang memungkinkan kita meningkatkan kemampuan oposisi."

Dia juga mengungkapkan keyakinannya bahwa Kongres AS akan mendukungnya untuk melancarkan serangan militer ke Suriah. Obama menambahkan Presiden Assad bertanggung jawab atas serangan kimia pada Rabu 21 Agustus lalu di Ghouta, pinggiran ibukota Damaskus, yang menewaskan sekitar 300 orang.

Pertemuan antara lain dihadiri oleh Wakil Presiden Joe Biden dan Ketua Kongres, John Boehner, serta Nancy Pelosi yang menjabat Ketua Fraksi Partai Demokrat.

PBB sebelumnya mengatakan lebih dari dua juta warga Suriah mengungsi akibat konflik yang sudah berlangsung dua tahun lebih.

Sementara itu korban jiwa sudah mencapai 100.000 orang lebih dan masih belum ada tanda-tanda konflik akan segera berakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com