Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rudal di Laut Tengah Bagian dari Latihan Perang AS-Israel

Kompas.com - 03/09/2013, 18:29 WIB
JERUSALEM, KOMPAS.COM - Dua buah rudal yang menurut Rusia telah diluncurkan di Laut Mediterania pada Selasa (3/9) ternyata bagian dari latihan militer bersama Amerika-Israel, kata media Israel. Laporan itu mengatakan, rudal jenis Ankor itu diarahkan dari pangkalan-pangkalan di Mediterania dan di Israel.

Kementerian Pertahanan Rusia, seperti dikutip kantor berita Rusia, mengatakan sistem peringatan dini negara itu telah mendeteksi peluncuran dua rudal balistik dari bagian tengah Luat Mediterania dan ditembakkan ke arah pantai timur laut itu pada Selasa pagi.

Militer Israel sebelumnya mengatakan "tidak tahu" tentang adanya rudal yang ditembakkan di Mediterania itu.

Pihak Rusia pun berspekulasi bahwa dua rudal yang jatuh ke laut itu mungkin telah ditembakkan dari sebuah kapal angkatan laut AS untuk tujuan pemantauan cuaca, sebagaimana dilaporkan kantor berita Interfax yang mengutip sumber-sumber militer. "Roket-roket itu ... bisa saja ditembakan dari sebuah kapal Amerika di Mediterania. Mengingat roket-roket itu jatuh ke laut, misi peluncuran bisa saja untuk membaca kondisi cuaca," kata sumber tersebut kepada kantor berita tersebut.

Sebuah sumber keamanan Suriah yang dikutip kantor berita RIA Novosti juga menegaskan bahwa ada dua peluncuran rudal. Pihak Suriah  juga mengatakan, rudal itu jatuh ke laut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com