Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Al Shabab Sergap Rombongan Presiden Somalia

Kompas.com - 03/09/2013, 16:03 WIB
MOGADISHU, KOMPAS.com - Kelompok militan Al Shabab, Selasa (3/9/2013), menyergap rombongan Presiden Somalia Hassan Sheikh Mohamud. Kelompok militan itu mengklaim berhasil menghancurkan sejumlah mobil dalam rombongan presiden.

"Kami menyergap konvoi yang membawa presiden Somalia," kata juru bicara Al Shabab Abdulaziz Abu Musab.

Penyergapan itu terjadi di sebuah permukiman kecil bernama Buffow, di dekat pelabuhan Merka, bekas basis Al Shabab yang berhasil direbut pemerintah, berjarak sekitar 100 kilometer sebelah selatan ibu kota Mogadishu.

"Kami melacak pergerakan Mohamud, dan pertempuran masih berlangsung hingga saat ini," tambah Musab.

Sejauh ini belum diperoleh laporan soal korban jiwa dari pemerintah Somalia.

Jika keluar kota Mogadishu, Presiden Mohamud biasanya mendapat pengawalan kendaraan lapis baja milik pasukan Uni Afrika yang bertugas bersama pasukan Somalia.

Al Shabab pernah menyergap rombongan presiden Somalia pendahulu Mohamud, Sheikh Sharif Sheikh Ahmad, pada Mei 2012. Beruntung sang presiden selamat.

Pemerintah pusat Somalia yang lemah, sudah membuat langkah maju di Mogadishu namun pengaruhnya di luar ibu kota masih sangat minim.

Sayangnya, pemerintah Somalia mengalami sejumlah kemunduran dalam beberapa bulan terakhir, termasuk serangan Al Shabab, tuduhan pemerkosaan yang dilakukan prajurit Somalia, dan penarikan mundur para pekerja sosial menyusul gelombang penculikan dan pembunuhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com