Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesir Segera Sidangkan Mursi

Kompas.com - 02/09/2013, 04:44 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber
KAIRO, KOMPAS.com — Presiden terguling Mesir Muhammad Mursi akan diajukan ke persidangan dengan tuduhan "menghasut untuk membunuh dan melakukan kekerasan". Televisi Pemerintah Mesir menyiarkan berita ini, Minggu (1/9/2013), tanpa menyebutkan kapan persidangan dijadwalkan.

Berita tersebut menyatakan Mursi akan disidangkan bersama 14 orang lain dari Ikhwanul Muslimin. Mereka semua dikenakan tuduhan yang sama. Tuduhan disebut merujuk kekerasan pada Desember 2012 di depan istana kepresidenan, dan Mursi juga dikenakan dakwaan melarikan diri dari penjara pada 2011.

Setelah digulingkan pada 3 Juli 2013, Mursi ditahan oleh pemerintah yang didukung militer Mesir di tempat yang tak diketahui sampai sekarang. Sementara di antara 14 tokoh Ikhwanul Muslimin yang akan disidangkan bersama Mursi, terdapat Mohamed al-Beltagi dan Essam el Erian.

Beltagi adalah tokoh senior Ikhwanul Muslimin. Putri Beltagi, Asmaa el Beltagy, tewas pada Rabu (14/8/2013), saat menjadi relawan di rumah sakit darurat, menyusul beragam penembakan terhadap para demonstran pendukung Mursi. Erian adalah Wakil Ketua Partai Kebebasan dan Keadilan.

Pembunuhan dan kekerasan yang dituduhkan ke Mursi pada Desember 2012, merujuk pada demonstrasi menentang dekrit Presiden yang diterbitkan pada November 2012.
Selain ke-15 tokoh ini, polisi juga menangkap lebih dari 2.000 tokoh lain dari organisasi tersebut sejak Mursi digulingkan.

Sebelumnya, Pemerintah Mesir telah menjadwalkan persidangan untuk para tokoh Ikhwanul Muslimin selain Mursi pada 25 Agustus 2013. Namun sidang itu dibatalkan dengan alasan keamanan. Jadwal baru sudah diumumkan, yakni pada 29 Oktober 2013, tetapi belum diketahui apakah akan ada perubahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com