Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liga Arab Keluarkan Resolusi soal Suriah

Kompas.com - 02/09/2013, 04:27 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber Reuters
KAIRO, KOMPAS.com — Negara-negara Arab, Minggu (1/9/2013), mendesak masyarakat internasional mengambil tindakan ke Suriah, menyusul dugaan penggunaan senjata kimia oleh rezim Bashar al Assad. Resolusi tersebut disahkan oleh Liga Arab di Kairo, Mesir. Beda pendapat mewarnai resolusi.

Liga Arab mendesak PBB dan masyarakat internasional mengambil langkah pencegahan dan tindakan yang perlu terhadap rezim Assad. Para menteri luar negeri Liga Arab juga berpendapat mereka yang bertanggung jawab atas penggunaan senjata kimia itu harus diadili.

Menteri Luar Negeri Saudi Saud al-Faisal mengatakan, kecaman terhadap Suriah atas serangan gas beracun, yang berdasarkan pernyataan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry telah menewaskan 1.429 orang, tidak cukup. Faisal juga menyatakan penentangan terhadap aksi militer ke Suriah dengan dalih tindakan tersebut merupakan intervensi asing, juga tak dapat diterima.

"Setiap penentangan terhadap setiap tindakan internasional hanya akan mendorong Damaskus untuk bergerak maju dengan melakukan kejahatannya dan menggunakan semua senjata pemusnah massal," kata Faisal. "Waktunya telah tiba untuk menyerukan kepada masyarakat dunia untuk menanggung tanggung jawabnya dan mengambil tindakan pencegahan untuk menghentikan tragedi ini," imbuh dia.

Amerika Serikat masih menunggu dukungan Kongres untuk melakukan tindakan terhadap Suriah. Presiden Amerika Serikat Barack Obama memutuskan menunggu dukungan Kongres akan menunda aksi militer tersebut setidaknya selama 10 hari atau bahkan membatalkannya.

Resolusi Liga Arab berjanji untuk "menyajikan segala bentuk dukungan bagi rakyat Suriah untuk membela diri". Namun negara-negara tetangga Suriah seperti Lebanon dan Irak, demikian juga Aljazair, menolak terlibat dalam kesepakatan dukungan ini karena pengalaman mereka yang pernah menghadapi resolusi serupa.

Pertemuan Liga Arab juga menyoroti perbedaan pandangan Arab Saudi dan Mesir dalam menyikapi krisis Suriah. Mesir yang telah dijanjikan bantuan 5 miliar dollar AS dari Arab Saudi terkait krisis politik di negeri piramida itu, menyatakan menolak segala bentuk intervensi ke Suriah. Dalam penetapan resolusi, Mesir memilih abstain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com