Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kairo Tuan Rumah Pembahasan Suriah

Kompas.com - 31/08/2013, 20:28 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Kairo bakal menjadi tuan rumah pertemuan para menteri luar negeri (menlu) Liga Arab untuk membahas krisis Suriah. Warta AP pada Sabtu (31/8/2013) menunjukkan kalau perhelatan itu digelar Senin (2/9/2013). "Pertemuan bisa lebih dari sehari lantaran permintaan Arab Saudi  untuk konsultasi,"kata Juru Bicara Liga Arab Seif Hatti.

Termutakhir, AS mulai menyiapkan diri untuk penyerangan ke Suriah. "Liga Arab harus mempertimbangkan langkah-langkah untuk menuntaskan masalah Suriah,"kata Hatti.

Lebih lanjut, Hatti menambahkan kalau Liga Arab  berpendapat Suriah harus bertanggung jawab penuh andai serangan menggunakan senjata kimia pada 21 Agustus lalu di kawasan Damaskus benar-benar terbukti. "Siapa pun yang berada di balik serangan mematikan itu harus berhadapan dengan pengadilan internasional,"kata Hatti mengutip pernyataan Ketua Liga Arab Nabil Al-Arabi.

Sementara, menurut pernyataan Menteri Luar Negeri Mesir Nabil Fahmy, pihaknya tidak akan
mengambil bagian dalam rencana serangan militer asing ke Suriah. "Meski, kami mengecam siapa pun yang menggunakan senjata kimia di Suriah,"demikian Nabil Fahmy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com