Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Nirawak AS Bunuh Pemimpin Al Qaeda di Yaman

Kompas.com - 30/08/2013, 17:55 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Sebuah pesawat nirawak AS dalam serangannya membunuh seorang pemimpin Al Qaeda di Yaman. Menurut warta AP pada Jumat (30/8/2013). Insiden itu terjadi di Provinsi Al-Bayda di Selatan Yaman.

Tokoh Al Qaeda yang tewas itu bernama Qayid al-Dhahab. Ia adalah tokoh penting di Al Qaida Semenanjung Arab (AQAP). "Dua pengawal Al-Dhahab juga tewas dalam serangan itu,"kata pejabat Provinsi Al-Bayda.

Serangan pesawat nirawak di Provinsi Al-Bayda itu terjadi di wilayah Masanih. Qayid tewas oleh berondongan tujuh misil pesawat tersebut di Kota Radda.

Sumber di kota itu mengatakan misil-misil itu menghantam kendaraan yang ditumpangi Qayid. Ketiga sosok di dalam mobil itu tewas seketika di tengah kobaran api membara.

Pengganti

Qayid menjadi komandan di Al Bayda setelah saudara kandungnya, Tariq Al-Dhahab tewas dibantai intelijen Yaman pada Februari setahun silam.

Sejak awal 2012, Al Bayda adalah ajang baku serang antara militer Yaman versus gerombolan Al Qaeda. Lokasi Al Bayda ada di 267 kilometer Tenggara Sanaa, ibu kota Yaman.

Sementara, Kota Rada menjadi saksi perang antara Al Qaeda melawan militer Yaman sejak 2011. Al Qaeda sejatinya sudah sepakat dengan penduduk asli keluar dari kota itu. Tapi, aksi kekerasan seperti penembakan dan peledakan bom masih saja marak.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com