Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan AS Cuma "Mampir" di Filipina

Kompas.com - 30/08/2013, 16:36 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Kunjungan Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel ke Filipina membuahkan catatan penting. Paling tidak, tulis AP pada Jumat (30/8/2013), Hagel membuka kembali soal pangkalan Negeri Uwak Sam (US) di Filipina.

"AS tidak mencari pangkalan militer permanen di Filipina," kata Hagel seusai bertandang dan berbicara dengan Presiden Filipina Benigno Aquino III di Istana Kepresidenan Malacanang, Manila.

Menurut Hagel, niat mencari pangkalan militer permanen adalah perkara usang. "Itu sama saja dengan kembali pada mentalitas Perang Dingin," tuturnya.

Lantaran memilih tak mencari pangkalan militer permanen, imbuh Hagel, AS mengusung strategi kerja sama militer bilateral. Ibaratnya, AS melalui militernya memilih hanya "mampir" di Filipina.  "AS mencari rotasi keberadaan di kawasan ini. Kami sudah mendapatkannya dengan Singapura dan Australia," katanya.

AS dan Filipina, lanjut Hagel, tetap berniat memperkuat hubungan militer. AS mengatakan membantu Filipina lantaran ada agenda modernisasi militer yang tengah digarap pemerintahan Presiden Aquino.

Hagel pun menitipkan pesan kalau silang pendapat soal Laut China Selatan antara sekutunya itu, Filipina, versus China harus selesai dengan cara-cara damai. "Jangan ada paksaan untuk menuntaskan hal tersebut," demikian Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com