Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seminggu, 23 Kali Warga Lebanon Bertikai dengan Pengungsi Suriah

Kompas.com - 29/08/2013, 21:07 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Pihak Keamanan Internal Lebanon mengeluarkan rilis soal pengungsi Suriah. Hasilnya, rerata seminggu 23 kali ada pertikaian antara warga Lebanon dengan para pengungsi Suriah.

Sebagaimana warta AP pada Kamis (29/8/2013), pertikaian paling sering terjadi di kawasan Lembah Bekaa, Selatan Lebanon. Di situ, bentrokan juga acap terjadi. Hasilnya, ada banyak korban luka di kedua belah pihak.

Lebanon mulai menghadapi masalah sosial lantaran jumlah pengungsi Suriah makin membeludak. Paling genting adalah ihwal kekurangan pasokan kebutuhan mendasar seperti listrik dan air.

Lebanon juga mengeluhkan beban berat di bidang sosial mulai dari penyediaan lapangan kerja. Alhasil, konflik pun kian meruncing.

Jam berkendara

AFP PHOTO / JM LOPEZ Anak-anak pengungsi Suriah bermain di kamp pengungsi al-Salam Bab di kota Azas, utara Suriah, 15 Juli 2013. Sebanyak 5.000 orang dalam sebulan telah mati dalam perang Suriah yang kini telah melontarkan krisis pengungsi terburuk sejak Genosida Rwanda 1994.

Rilis itu juga menunjukkan kalau makin banyak warga desa di Bekaa, khususnya, mulai menerapkan aturan-aturan. Ada desa yang mengeluarkan aturan kalau sejak pukul 21.00 sampai dengan 05.00, pengungsi Suriah tak boleh mengendarai mobil berplat nomor Suriah. Para pengungsi Suriah memang membawa harta bendanya berikut alat transportasi semisal mobil dan sepeda motor masuk ke Lebanon.

Banyak pelanggar aturan ini akhirnya mesti berurusan dengan polisi bahkan militer Lebanon. "Ada juga yang kami tahan,"pernyataan polisi setempat.

PBB mencatat kalau pada akhir tahun ini bakal ada sejuta pengungsi Suriah di Lebanon. Mereka tersebar di 2.000 lokasi pengungsian seantero Lebanon.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com