Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama: Saya Belum Membuat Keputusan soal Suriah

Kompas.com - 29/08/2013, 05:24 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com  Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengatakan dalam sebuah wawancara, Rabu (28/8/2013), bahwa ia belum membuat keputusan tentang bagaimana menanggapi serangan senjata kimia di Suriah.

"Saya belum membuat keputusan (soal Suriah)," kata Obama kepada PBS NewsHour. Namun, Obama menambahkan bahwa dia telah menyimpulkan bahwa intervensi langsung Amerika dalam perang saudara di Suriah tidak akan membantu memperbaiki situasi.

Meski demikian, Obama menyatakan bahwa tidak ada satu pun pihak yang meragukan penggunaan senjata kimia di Suriah dalam insiden Rabu (21/8/2013) dini hari yang menewaskan ratusan orang.

Menurut Obama, Amerika telah memeriksa bukti-bukti yang ada dari serangan Rabu tersebut. Dia mengatakan tidak percaya kubu oposisi yang melawan rezim Bashar al Assad memiliki senjata kimia atau cara untuk menggunakan senjata itu.

Sebelumnya, Gedung Putih menyatakan ada kemungkinan aksi militer dilakukan ke Suriah sembari menunggu dukungan dari mitra internasional.

Sejauh ini, Amerika belum memublikasikan bukti konkret rezim Assad berada di balik serangan Rabu pekan lalu tersebut. Beberapa anggota parlemen Amerika berpendapat Obama harus meminta persetujuan Kongres terlebih dahulu bila akan menggelar aksi militer di Suriah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com