Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Changi Kian Sohor lantaran Indonesia

Kompas.com - 27/08/2013, 18:20 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Silakan cermati data paling anyar rilisan otoritas Bandar Udara (Bandar) Changi Singapura hari ini, Selasa (27/8/2013). Pada Juli 2013, sudah 4,54 juta penumpang dilayani oleh Changi. "Angka ini naik 4 persen,"kata otoritas Changi seturut warta AP.

Nah, ternyata, Indonesia menyumbang andil dalam pertumbuhan ini. Soalnya, otoritas Indonesia ikut meneken kerja sama terbaru untuk lalu-lintas penumpang melalui udara pergi pulang ke Changi.

Otoritas Changi bilang kalau dari seluruh wilayah Indonesia, jumlah penumpang terbanyak berasal dari Denpasar, Bali, untuk tujuan Changi. "Bersama Sydney, Taipei, dan Tokyo, ada sumbangan pertumbuhan hingga dobel digit,"kata otoritas itu.

Lalu, sebagai imbalannya, sampai dengan Juli 2013, ada penambahan destinasi ke berbagai kota di Indonesia dari Changi. "Hal ini merupakan hasil penandatanganan perjanjian tersebut,"kata pihak Changi.


Kenaikan

Total rincian prestasi Changi itu memang mencatatkan berbagai kenaikan. Taruhlah soal pergerakan penerbangan yang meliputi pendaratan dan lepas landas pesawat. Pada periode Juli 2013, ada kenaikan 6,9 persen mencapai 29.000 pergerakan.

Terus, selama Juli 2013 pula, Changi sudah menangani 160.000 ton kargo. Itu berarti ada kenaikan 1,1 persen ketimbang Juli 2012.

Selanjutnya, selama tujuh bulan pertama 2013, Changi sudah mengurus 30,8 juta penumpang. "Sebuah kenaikan 4,9 persen,"kata otoritas bandara tersebut.

Per 1 Agustus tahun ini, lebih dari 100 maskapai penerbangan beroperasi di Changi. Gara-gara itulah, Singapura terhubung dengan 250 kota di 60 negara seluruh dunia.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com