Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Airbus Kanselir Jerman Disusupi Pria Iseng

Kompas.com - 22/08/2013, 16:45 WIB

BERLIN, KOMPAS.com — Aparat keamanan Jerman tengah menyelidiki bagaimana seorang pria asing dapat dengan mudah masuk ke dalam pesawat jet yang biasa dipakai Kanselir Angela Merkel untuk melakukan kunjungan.

Pria berusia 24 tahun itu memasuki ruang kokpit pesawat, menekan beberapa tombol, menurunkan landasan turun darurat, serta menyemprotkan alat pemadam kebakaran ke kursi dan ruangan pesawat yang ditata dengan sangat mewah.

Dalam insiden yang terjadi di landasan udara Cologne, 25 Juli lalu itu polisi sempat mengalami kesulitan meminta pria turun dari pesawat setelah ia berada di sana selama empat jam dan "berpesta" sendirian.

Belakangan setelah dikerahkan anjing pelacak yang menggigit kakinya, ia menyerah dan polisi mencokoknya keluar. Dalam tasnya ditemukan sejumlah dokumen identitas, serta disebut-sebut pula ekstasi dan ganja.

Tak jelas betul siapa pria misterius ini, yang menurut pejabat keamanan setempat adalah pelatih kebugaran yang diidentifikasi dengan nama Volkan T, dan merupakan warga Jerman keturunan Turki.

Tersangka penyusup ini lalu dilarikan ke rumah sakit untuk diperiksa kondisi mentalnya.

Kelemahan angkatan udara

Menurut koran Berlin Welt am Sonntag yang melihat laporan internal kepolisian setempat terkait kasus ini, aparat melihat situasi ini sebagai "kelemahan pengamanan" serta "kesalahan" pada awak angkatan udara.

Insiden ini terjadi ketika seorang warga lokal, yang disebut-sebut sedang dilanda masalah asmara dan membawa serta tas berisi obat bius, berjalan menuju pangkalan militer yang berada di kompleks bandara Cologne-Bonn.

Ia lolos dari pintu gerbang dengan mengatakan ia sedang merencanakan pesta pernikahan di mes perwira dan ingin mengecek lokasi perhelatan.

Selanjutnya, si pelaku berhasil memanjat pagar berduri menuju bagian landasan yang dikendalikan militer, tetapi luput dari pantauan kamera pengaman.

Saat melihat pesawat pemerintah sedang berada di landasan, satu dari dua pesawat Airbus A319 yang disediakan militer Jerman untuk dipakai pejabat puncak negara itu, pria itu memanjat sayap pesawat dan berjoget hanya dengan mengenakan celana dalam.

Ia lalu juga berhasil membuka pintu darurat pesawat dan masuk ke kabin.

Pesawat itu dalam kondisi terisi penuh bahan bakar dan seandainya si penyusup bisa menerbangkan pesawat itu, maka dia bisa membawanya hingga ke Beijing, tulis koran Welt am Sonntag.

Akibat penyusupan ini, si pelaku diduga telah mengakibatkan kerusakan senilai 100.000 euro atau sekitar Rp 1,5 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com