Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saksi: Tahanan Perempuan di Korut Dipaksa Bunuh Bayinya

Kompas.com - 21/08/2013, 20:00 WIB
SEOUL, KOMPAS.com — Seorang perempuan asal Korea Utara membuat pengakuan mengejutkan di depan panel Komisi PBB di Seoul, Korea Selatan.

Perempuan bernama Je Heon-a (34), di hadapan panel PBB, mengaku melihat seorang ibu dipaksa membunuh bayinya yang baru lahir saat ditahan di salah satu penjara Korea Utara.

"Itu adalah kali pertama saya melihat bayi yang baru lahir, dan saya sangat bahagia," kata Jee dengan lirih.

Namun, kebahagiaan Jee segera berubah menjadi horor mengerikan. Seorang penjaga kemudian meminta perempuan itu membunuh bayi yang yang masih merah tersebut.

"Penjaga datang dan meminta ibu itu menenggelamkan bayi tersebut ke dalam sebuah ember berisi air," kenang Jee.

"Ibu itu memohon penjaga agar tidak membunuh bayinya, tetapi penjaga tersebut terus memukuli perempuan itu. Dengan tangan gemetar, ibu itu akhirnya menenggelamkan bayinya ke dalam ember berisi air," tambah Jee.

Tak lama, tangisan bayi itu berhenti. Seorang perempuan tua yang membantu kelahiran bayi itu kemudian mengeluarkan jasad si bayi dari dalam ember.

Jee adalah satu dari sejumlah mantan tahanan di Korea Utara yang memberikan kesaksian di hadapan panel PBB.

Ini adalah kali pertama pelanggaran hak asasi manusia Korea Utara diperiksa oleh panel ahli PBB.

Sejauh ini, Korea Utara yang dipimpin generasi ketiga keluarga Kim membantah telah melakukan pelanggaran HAM. Negeri itu memutuskan tidak mengakui kerja komisi PBB dan tidak memberi akses para penyelidiknya untuk datang ke negeri itu.

Kini, para penyelidik PBB mengandalkan pengakuan dan kesaksian warga Korea Utara yang hidup di selatan untuk menceritakan pengalaman mengerikan mereka.

Jee menambahkan, selama di penjara, makanan sangat sedikit sehingga dia dan para tahanan lainnya harus bertahan hidup dengan menyantap katak yang diasinkan.

"Mata semua orang cekung. Semua orang tampak seperti hewan. Katak digantung, dikuliti, lalu diasinkan. Kami semua makan katak itu," tambah Jee.

Saksi lainnya, Shin Dong Hyuk, mengatakan, dia dipaksa untuk menyaksikan eksekusi ibu dan saudara laki-lakinya yang tertangkap saat mencoba kabur dari penjara itu.

Shin menambahkan, dia mendapatkan hukuman berat saat menjatuhkan sebuah mesin jahit.

"Saat itu saya mengira tangan saya akan ditebas. Saya bersyukur mereka hanya memotong jari saya," kenang dia.

Diperkirakan terdapat 150.000 hingga 200.000 tahanan di berbagai kamp tahanan Korea Utara. Para pembelot mengatakan, di penjara-penjara itu para tahanan mati karena kekurangan gizi atau bekerja terlalu berat.

Kini, setelah lebih dari setahun memerintah, Kim Jong Un belum menunjukkan tanda-tanda untuk mengubah model kepemimpinan keras yang dijalankan sang kakek, Kim Il Sung, dan ayahnya, Kim Jong Il.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Sky News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com