Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aparat Saudi Pakai "Forklift" untuk Pindahkan Pria Berbobot 610 Kg

Kompas.com - 21/08/2013, 17:29 WIB
RIYADH, KOMPAS.com — Seorang pria Arab Saudi yang memiliki bobot 610 kilogram terpaksa diterbangkan ke rumah sakit, setelah tak bisa meninggalkan kamarnya selama dua setengah tahun.

Khalid Mohsin Shaeri (20), diterbangkan dari kediamannya di kota Jazan di wilayah selatan Arab Saudi menuju ke sebuah rumah sakit di ibu kota Riyadh, atas perintah Raja Abdullah.

Rencana penyelamatan Khalid ini tertunda selama enam bulan hingga sebuah tempat tidur khusus untuk Khalid selesai dibuat dan didatangkan dari Amerika Serikat.

Kementerian Kesehatan Arab Saudi bekerja sama dengan aparat keamanan dan palang merah Arab Saudi mengorganisasi evakuasi Khalid.

Petugas bahkan harus menghancurkan sebagian kediamannya sehingga pria itu bisa dipindahkan dari kamarnya di lantai dua ke lantai dasar.

Di luar rumah, sudah disiapkan forklift untuk mengangkut Khalid ke dalam ambulans untuk dibawa ke pesawat terbang yang sudah disiapkan di bandara setempat.

Khalid yang beratnya sama dengan dua bayi gajah atau delapan kali berat rata-rata manusia dikabarkan memiliki seorang saudara perempuan dan laki-laki yang juga kelebihan bobot tubuh. Namun, kedua saudaranya itu masih mampu berjalan.

Sejumlah media Arab Saudi mengatakan, Kementerian Kesehatan negeri itu sudah pernah "berurusan" dengan masalah kelebihan berat badan seperti ini, termasuk dua orang bersaudara seberat 298 kilogram dan 349 kilogram.

Menteri Kesehatan Arab Saudi Dr Abdullah al-Rabeeah mengatakan, perintah Raja Abdullah untuk mengevakuasi Khalid adalah sebuah perintah kemanusiaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gulf News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com