Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Thailand Tangkap Kembali Pencari Suaka Rohingya

Kompas.com - 21/08/2013, 17:18 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Polisi Thailand menangkap kembali 30 dari 87 pencari suaka Rohingya yang melarikan diri dari Pusat Detensi, di  Provinsi Songkhla, selatan Thailand, tulis laman Bangkok Post pada Rabu (21/8/2013). "Penangkapan kembali mendapat bantuan dari otoritas Malaysia," kata pernyataan kepolisian Thailand.

Menurut kepolisian Thailand itu, sebanyak 24 di antara mereka ditangkap pihak Malaysia tatkala mereka mencoba masuk ke wilayah Malaysia.

Sementara itu, aparat gabungan dari Kepolisian Songkhla dan pasukan perbatasan serta imigrasi dan pekerja imigrasi Thailand masih terus melakukan pencarian. Menurut peraturan Thailand, para
pencari suaka itu akan mendapat hukuman lantaran pelanggaran tersebut.

Sementara itu, 137 warga Rohingya dilaporkan ditahan di Kantor Imigrasi Sadao selama beberapa bulan. Mereka diselamatkan dari upaya perdagangan manusia.

Catatan pihak Thailand menunjukkan bahwa warga Rohingya melarikan diri dari konflik di Myanmar melalui laut. Mereka berharap bisa mendapat kehidupan lebih baik di Malaysia. Lantaran masuk Thailand secara ilegal, para pencari suaka ini pun ditahan di rumah detensi.

Selama di rumah detensi, mereka mendapat perlakuan manusiawi. Segala gerak-gerik mereka diawasi melalui kamera pengintai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com