Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musharraf di Balik Pembunuhan Benazir Bhutto?

Kompas.com - 20/08/2013, 16:21 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Ada tiga dakwaan yang menuding mantan Presiden Pakistan Pervez Musharraf berada di balik pembunuhan perdana menteri (PM) Benazir Bhutto pada 2007 silam. Dua di antaranya adalah konspirasi dan menyediakan fasilitas terhadap pembunuhan putri mendiang mantan PM Pakistan Zulfikar Ali Bhutto itu.

Adalah jaksa penuntut umum Mohammad Azhar yang mengatakan dugaan tersebut sebagaimana warta AP pada Selasa (20/8/2013). Sementara, pengadilan di Rawalpindi, dalam sesi persiapan penentuan gugatan, resmi menyiapkan dakwaaan bagi sosok militer berpengaruh pada zamannya itu. Dengar pendapat umum akan dihelat kembali pada Selasa (27/8/2013).  

Musharraf pada 1999 memang memimpin kudeta. Pada 2001 hingga 2008, ia menjadi Presiden
Pakistan.

Sejauh ini, memang, Musharraf tetap menolak tudingan pembunuhan tersebut. "Seluruh kasus melawan Musharraf adalah rekayasa," kata Afshan Adil, pengacara Musharraf.

Benazir Bhutto meninggal dunia lantaran serangan tembakan dan bom usai melakukan kampanye. Insiden mematikan itu seminggu setelah kepulangannya kembali ke Pakistan dari pengasingan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com