Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uni Eropa Tinjau Segera Hubungan dengan Mesir

Kompas.com - 19/08/2013, 13:49 WIB
BRUSSELS, KOMPAS.COM — Uni Eropa akan segera meninjau kembali hubungannya dengan Mesir, menyusul bentrokan berdarah antara pasukan keamanan dan para pendukung presiden tersingkir Muhammad Mursi.

Ketua Komisi Eropa dan Ketua Dewan Eropa merilis sebuah pernyataan panjang yang menyerukan imbauan bagi demokrasi dan hak-hak dasar yang tidak dapat diabaikan, apalagi dibasuh dengan darah.

Jose Manuel Barroso dan Herman van Rompuy mengatakan, adalah tanggung jawab tentara dan pemerintah sementara Mesir untuk mengakhiri kekerasan. Kedua pemimpin Eropa juga menyatakan keprihatinan mengenai dampak kekerasan terhadap seluruh kawasan. Hari Sabtu (17/8/2013), sebuah bom meledak di luar konsulat Mesir di Benghazi, Libya.

Demonstran Islamis turun ke jalan di negara tetangga Mesir. Beberapa ribu warga Arab di Israel melambai-lambaikan bendera Mesir dan foto Muhammad Mursi hari Sabtu dalam pawai di kota Nazareth. Ratusan orang berkumpul di luar kedutaan besar Tunis hari Jumat, mengutuk tindakan tentara Mesir.

Ribuan orang turun ke jalan di Ankara dan Istambul, Turki, menunjukkan solidaritas dengan para demonstran Mesir. Sejumlah besar Muslim juga turun ke jalan di Indonesia dan Malaysia mengimbau Pemerintah Mesir agar tidak menggunakan kekuatan terhadap demonstran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com