Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Negara-negara Arab Nyatakan Dukungan untuk Pemerintah Mesir

Kompas.com - 18/08/2013, 01:39 WIB
RIYADH, KOMPAS.com — Negara-negara Arab mendukung pernyataan Raja Arab Saudi Abdullah bin Abdul Aziz yang mendukung Pemerintah Mesir memerangi "terorisme".

Pemerintah Uni Emirat Arab mengatakan, pernyataan Arab Saudi datang di saat yang tepat dan mendapat dukungan penuh Uni Emirat Arab (UEA).

"Pernyataan Saudi mencerminkan kesadaran dan pendekatan yang sangat hati-hati terkait kondisi di Mesir," demikian pernyataan Pemerintah UEA yang dikutip kantor berita WAM.

"UEA menggarisbawahi bahwa pernyataan Saudi menunjukkan Raja Abdullah sangat peduli atas keamanan dan stabilitas Mesir," lanjut pernyataan itu.

Pemerintah UEA melanjutkan, posisi Saudi yang menentang kelompok yang memicu perpecahan dan kekacauan akan mendorong kemenangan Mesir, Islam, dan dunia Arab.

"Posisi Saudi yang berani dan rasional ini memang diharapkan datang dari Sang Penjaga Dua Masjid Suci," pungkas UEA.

Pemerintah Mesir juga memuji dukungan Raja Arab Saudi itu. Pemerintah Mesir mengatakan, negeri itu tak akan pernah melupakan pernyataan bersejarah Raja Abdullah ini.

Dukungan juga datang dari Bahrain. Dalam sebuah pernyataan resmi, Kerajaan Bahrain menyatakan bahwa Mesir memiliki hak untuk menegakkan peraturan di negerinya, memerangi terorisme dan kekerasan.

"Pemerintah Mesir juga berhak menghentikan penghancuran berbagai bangunan di negeri itu," demikian Pemerintah Bahrain.

Sementara itu, Kuwait menyatakan bahwa negara-negara Teluk memastikan dukungan untuk Pemerintah Mesir, yang mencoba mempertahankan keamanan dan stabilitas kawasan Afrika Utara.

Namun, Pemerintah Kuwait juga menyesalkan jatuhnya banyak korban tewas dan penghancuran banyak properti negara. Demikian pernyataan Pemerintah Kuwait seperti dilaporkan kantor berita KUNA.

Kerajaan Jordania juga tak ketinggalan memuji Arab Saudi, yang memilih posisi mendukung Pemerintah Mesir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com