Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WNI di Mesir Diminta Tetap Waspada

Kompas.com - 17/08/2013, 17:55 WIB
Mustafa Abd. Rahman

Penulis


MESIR, KOMPAS.com — Duta Besar Republik Indonesia untuk Mesir Nurfaizi Suwandi meminta warga negara Indonesia (WNI) yang berada di negara tersebut untuk tetap waspada, menyusul situasi politik dan keamanan yang semakin buruk. Sejauh ini, kondisi WNI aman. 

Hal itu disampaikan Nurfaizi disela peringatan HUT Kemerdekaan RI, Sabtu (17/8/2013). Ia mengatakan, pentingnya menjaga komunikasi dan kekompakan di antara WNI di Mesir, serta terus menjaga kontak dengan KBRI.

Nurfaizi mengungkapkan, KBRI terus membuka saluran hotline, dan menugaskan staf KBRI Kairo ke daerah-daerah untuk mendampingi WNI.

Ia juga mengingatkan kepada seluruh WNI agar selalu membawa identitas diri jika ke luar rumah, serta tetap mematuhi jam malam selama masih diberlakukan. Selain itu, WNI diimbau untuk mematuhi peraturan Pemerintah Mesir serta tidak terlibat urusan dalam negeri Mesir, demi keselamatan WNI.

WNI juga diharapkan dapat memberikan informasi yang benar kepada keluarga atau rekan-rekannya di Tanah Air demi ketenangan bersama.

KBRI Kairo, Sabtu (17/8/2013), melaksanakan upacara bendera dalam memperingati detik-detik proklamasi 17 Agustus, di tengah situasi gejolak politik di Mesir.

Para Staf KBRI dan sejumlah masyarakat Indonesia di Kairo tetap semangat mendatangi kantor KBRI Kairo, meski sejumlah akses jalan tertutup sejak kerusuhan yg terjadi di Mesir pada 14-16 Agustus 2013. Para pengguna jalan terpaksa harus menempuh jalur yang lebih jauh dan harus melewati beberapa titik pemeriksaan pos militer maupun polisi.

Nurfaizi juga menyampaikan bahwa sebagai sahabat Mesir, Indonesia mengharapkan agar Mesir dapat segera mengatasi persoalannya segera dengan cara-cara yang baik. Selain itu, jika Mesir menginginkannya, Indonesia siap memberikan masukan dalam upaya melewati masa-masa penuh tantangan saat ini.

Ia juga menegaskan, pada prinsipnya Indonesia akan tetap menjaga hubungan baik dengan Mesir, siapa pun pemimpinnya, dengan tetap menjunjung tinggi kepentingan rakyatnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com