Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hezbollah Tuding Kelompok Radikal Sunni Dalangi Bom Beirut

Kompas.com - 16/08/2013, 23:28 WIB
BEIRUT, KOMPAS.com — Pemimpin Hezbollah Hassan Nasrallah, Jumat (16/8/2013), menyatakan siap bertempur berangkat ke Suriah untuk bertempur di negeri itu.

Pernyataan Nasrallah ini dibuat hanya sehari setelah ledakan bom mobil di basis Hezbollah di Beirut, Lebanon, menewaskan 22 orang.

"Saya akan berangkat ke Suriah jika diperlukan dan bertempur melawan para takfiri (kelompok Sunni radikal)," kata Nasrallah.

Dalam pidato yang ditayangkan televisi itu, Nasrallah juga menuding kelompok radikal Sunni berada di belakang aksi pengeboman Beirut.

"Semua indikasi terkait ledakan bom kemarin (Kamis) mengarah pada kelompok-kelompok takfiri," ujar Nasrallah.

Sebuah video yang diunggah ke internet yang muncul tak lama setelah ledakan bom mobil terjadi menampilkan tiga pria bertopeng, dua di antaranya memegang senjata api.

"Kau, Hassan Nasrallah, kami mengirimkan pesan kedua kami yang sangat kuat karena kau tak juga mengerti," kata salah seorang anggota kelompok yang menamakan diri Batalyon Aisha.

Kepolisian Lebanon mengatakan, sedikitnya 22 orang tewas dalam ledakan bom mobil di kawasan antara distrik Bir el-Abed dan Rweiss yang didominasi umat Syiah.

Hezbollah adalah pendukung utama Presiden Bashar al-Assad dan telah mengirimkan para pejuangnya ke Suriah untuk membantu pasukan pemerintah memerangi pemberontak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com