Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unjuk Rasa Jumat di Mesir, 12 Orang Tewas

Kompas.com - 16/08/2013, 21:55 WIB
KAIRO, KOMPAS.com — Aksi unjuk rasa pendukung Muhammad Mursi pada Jumat (16/8/2013) di berbagai daerah di Mesir mulai memakan korban.

Kementerian Kesehatan Mesir menyatakan, 12 orang tewas dalam bentrokan dengan aparat keamanan. Sementara Ikhwanul Muslimin mengklaim 25 orang pendukungnya tewas hanya di Lapangan Ramses, Kairo.

Kementerian Kesehatan mengatakan, empat orang tewas dalam kekerasan di kota Ismailiya, wilayah Suez. Sementara delapan orang lagi tewas di Damietta, di wilayah utara Mesir.

Kekerasan terbaru ini terjadi setelah para pendukung Ikhwanul Muslimin di sejumlah kota Mesir menggelar unjuk rasa yang mereka sebut sebagai "Jumat Kemarahan".

Aksi ini dilakukan untuk mengecam tewasnya ratusan orang pendukung Muhammad Mursi saat aksi duduk mereka di dua lapangan di Kairo dibubarkan paksa aparat keamanan Mesir.

Aksi protes Jumat ini digelar di sejumlah kota, seperti Kairo, Alexandria, Beni Sueif, Fayoum, hingga ke kota resor Laut Merah Hurghada.

Sementara itu, Kementerian Dalam Negeri Mesir menegaskan, pihaknya akan bertindak tegas, termasuk menggunakan peluru tajam jika pengunjuk rasa menyerang fasilitas-fasilitas milik pemerintah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com