Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Myanmar Sidangkan 6 Warga Buddha Terkait Pembunuhan Warga Muslim

Kompas.com - 15/08/2013, 20:40 WIB
YANGON, KOMPAS.com - Enam pria Buddha Myanmar akan menjalani sidang terkait pembunuhan 10 warga Muslim di wilayah barat negeri itu tahun lalu. Demikian pernyataan pemerintah Myanmar, Kamis (15/8/2013).

"Keenam orang itu didakwa melakukan pembunuhan para penumpang bus. Sidang akan digelar 26 Agustus," ujar seorang perwira polisi yang tak ingin disebutkan namanya.

Keenam orang itu ditangkap bulan lalu dan sudah menjalani sidang di pengadilan lokal pada Selasa lalu untuk mendengarkan dakwaan.

Insiden pembunuhan itu terjadi pada 3 Juni 2012. Sekelompok warga Buddha menghentikan sebuah bus lalu menyeret para penumpangnya keluar sebelum kemudian membunuh mereka.

Insiden itu dipicu kasus perkosaan yang menimpa seorang perempuan Rakhine di distrik Thandwe. Warga kemudian menuding umat Muslim sebagai pelaku perkosaan.

Pemerintah Myanmar sudah memenjarakan 20 warga Buddha antara dua hingga 10 tahun penjara terkait peran mereka dalam kerusuhan sektarian di Meiktila, Myanmar tengah yang menewaskan sedikitnya 44 orang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com