Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Karzai Dukung Mantan Pemimpin Mujahidin

Kompas.com - 15/08/2013, 19:43 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Presiden Afganistan Hamid Karzai yang bakal habis masa jabatannya pada 2014 mendatang mendukung mantan pemimpin kelompok Mujahidin Abdurrab Rasoul Sayyaf bertarung dalam pemilihan presiden. Menurut warta Daily Outlook dan televisi lokal, Tolo, pada Kamis (15/8/2013), pemilihan presiden Afganistan akan dihelat pada 5 April tahun depan.

Dalam rapat antara Koalisi Nasional Afganistan (NCA) di Istana Kepresidenan Kabul, kemarin, Sayyaf sudah bergabung dengan Wakil Pertama Presiden Mohammad Fahin, Gubernur Provinsi Balkh Atta Mohammad Noor, Menteri Air dan Energi Mohammad Ismael. Dalam rapat itulah, Karzai mengatakan dukungannya kepada Sayyaf.

Tak cuma itu, Karzai juga meminta agar peserta rapat mengikuti dukungannya. Tetapi, hanya Gubernur Provinsi Balkh yang tidak memberikan dukungan.

Abdurrab Rasoul Sayyaf terbilang tokoh Afganistan yang melawan penjajahan Uni Soviet pada 1980. Ia juga mendukung penolakan Taliban pada 1990. Pada 2001, invasi AS dan sekutunya berhasil mengusir Taliban.

Sayyaf dan Ismael Khan adalah figur yang terkenal di kawasan Barat Afganistan, utamanya di Provinsi Herat.

Sementara orang kuat dari Utara Afganistan adalah Atta Mohammad Noor. Ia menjadi pemimpin di provinsi itu dalam dekade sebelumnya hingga kini. Tetapi, Noor adalah pendukung lawan Karzai, Abdullah, dalam pemilihan presiden pada 2009.  

Sementara itu, anggota parlemen dan anggota Partai Dawat-e- Islam Dawood Kalakani setuju mengikuti rapat tersebut. Namun, ia menolak membicarakan dan menominasikan Sayyaf untuk pemilihan presiden berikutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com