Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuba Cari Dukungan Internasional Bebaskan Warganya dari AS

Kompas.com - 15/08/2013, 14:25 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Kuba melalui Institut Kuba untuk Persahabatan Bersama Banyak Khalayak (ICAP) memobilisasi dukungan internasional demi bebaskan lima warganya dari penjara Amerika Serikat (AS). Menurut warta AP pada Kamis (15/8/2013), para warga Kuba itu sudah 15 tahun mendekam di bui.

Untuk tujuan itu, ICAP bakal menghelat sebuah forum pada 12 September tahun ini. Tanggal itu
bertepatan dengan peringatan 15 tahun penjara.

Secara rinci nama kelima warga KUba itu adalah Gerardo Hernandez, Antonio Guerrero, Fernando Gonzalez, Ramon Labanino, dan  Rene Gonzalez. Otoritas Abang Sam (AS) menuduh kelima orang melakukan tindakan mata-mata. Pada 2 Juni 2001 kelimanya divonis bersalah dan harus masuk bui antara 13 hingga 15 tahun.

Rene Gonzalez

Satu tahanan bernama Rene Gonzalez mendapat pembebasan bersyarat pada 2011 lalu. Pria kelahiran Chicago ini pada April silam diperkenankan pulang ke Havana untuk hadir pada pemakaman ayahnya.

Saat itu juga, Rene mengajukan permintaan pindah ke kewarganegaraan Kuba. Dengan cara itu, ia tetap bisa tinggal di Kuba. Permohonan itu dikabulkan oleh hakim Negara Bagian Florida AS pada Mei 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com