Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Korea Sepakat Segera Buka Kembali Kawasan Industri Kaesong

Kompas.com - 15/08/2013, 06:06 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber CNN.com
SEOUL, KOMPAS.com — Korea Utara dan Korea Selatan, Rabu (14/8/2013), setuju untuk membuka kembali Kompleks Industri Kaesong. Kompleks ini merupakan zona manufaktur bersama kedua negara, yang ditutup menyusul meningkatnya ketegangan di Semenanjung Korea pada April 2013.

Namun, belum diketahui pasti kapan zona tersebut akan dibuka kembali. Bagi Korea Utara, kawasan industri ini merupakan salah satu penyumbang penting aliran devisa bagi negara yang memutuskan memilih menerapkan sistem politik tertutup tersebut.

Sebagai bagian dari kesepakatan pada Rabu tersebut, pengoperasian zona disepakati tak akan lagi dipengaruhi oleh situasi politik dalam keadaan apa pun. "Saya berharap bahwa perjanjian hari ini akan menjadi kesempatan bagi hubungan Utara-Selatan untuk membuat awal baru," kata Presiden Korea Selatan Park Geun-hye seusai kesepakatan.

Lebih dari 53.000 warga Korea Utara bekerja di lebih dari 120 perusahaan Korea Selatan yang ada di dalam kompleks tersebut. Karenanya, kawasan industri ini dianggap sebagai simbol utama yang masih ada untuk kerja sama kedua Korea. Apalagi dari kawasan ini dihasilkan produk bernilai jutaan dollar AS per tahun. Penutupan pada April 2013 merupakan kejadian pertama sejak kawasan ini dibuka sembilan tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com