Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Afsel Incar Cewek Jadi Tentara

Kompas.com - 14/08/2013, 15:43 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah Afrika Selatan (Afsel) menghelat program teranyar di bidang militer. Ada banyak lowongan bagi cewek alias perempuan warganegara Afsel untuk menjadi anggota pasukan angkatan bersenjata negeri itu. Menurut warta AP pada Rabu (14/8/2013), makin banyak perempuan menjadi tentara, makin luas pula kesetaraan gender di Afsel.

Ide ini, sebagaimana pernyataan Nosiviwe Mapisa-Ngakula juga membuka kesempatan bagi kaum hawa memegang peranan penting pada Pasukan Pertahanan Afrika Selatan (SANDF). "Selama ini, kurang ada komunikasi intensif sehingga banyak perempuan Afsel belum memunyai pengetahuan banyak tentang militer Afsel,"kata perempuan yang juga menjabat sebagai Menteri Pertahanan dan Veteran Militer Afsel ini.

Kendati demikian, Mapisa-Ngakula tidak memerinci kebutuhan anggota perempuan di dalam tubuh SANDF. "Menjaga kedaulatan negara bukan lagi monopoli kaum lelaki,"begitu Nosiviwe Mapisa-Ngakula menegaskan.

Data pada 2009 menunjukkan kalau Afsel memunyai 73.450 tentara. Menurut sensus pada 2010, jumlah penduduk Afsel ada di angka 50 juta jiwa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com