Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Selam India Meledak, 18 Pelaut Terjebak

Kompas.com - 14/08/2013, 12:26 WIB
MUMBAI, KOMPAS.com — Sedikitnya 18 orang pelaut diduga terjebak di kapal selam India yang terbakar setelah meledak di Pelabuhan Mumbai, Rabu (14/8/2013). Kebakaran kini telah berhasil diatasi, tetapi sebagian badan kapal masih belum muncul ke permukaan.

Tim penolong darurat telah dikerahkan ke lokasi.

Media India melaporkan bahwa banyak pelaut yang berhasil melompat keluar dari kapal dan menyelamatkan diri meski beberapa orang di antaranya menderita luka-luka.

Penyebab ledakan di kapal selam INS Sindhurakshak itu belum diketahui. Ledakan terjadi setelah tengah malam. Api baru berhasil dipadamkan beberapa jam kemudian.

Angkatan Laut mengatakan, kapal selam itu mengalami kerusakan berat dan penyelidikan untuk mengetahui penyebab insiden tersebut telah dimulai.

Kapal buatan Rusia

"Masih ada beberapa orang yang terjebak di atas kapal. Kami masih berusaha menyelamatkan mereka. Kami menduga jumlahnya 18 orang," kata Juru Bicara Angkatan Laut PVS Satish yang dikutip oleh kantor berita Reuters. "Kami tidak akan menyerah hingga kami menemukan mereka," tambahnya.

Asap dari ledakan terlihat hingga ke pelosok kota, seperti dilaporkan media setempat.

INS Sindhurakshak adalah satu dari 10 kapal selam yang dibeli dari Rusia antara 1986-2000. Kapal itu dilengkapi dengan sistem peluru kendali Club-S Rusia.

Baru-baru ini kapal selam tersebut menjalani perbaikan di Rusia setelah terjadi kebakaran di kompartemen bahan bakar yang menewaskan seorang pelaut pada Februari 2010. India dan Rusia telah lama menjadi sekutu dan Rusia memasok sekitar 70 persen alat utama sistem persenjataan India.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com