Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan Somalia Hancurkan Jaringan Al-Shabaab

Kompas.com - 13/08/2013, 22:31 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Pasukan Somalia dalam warta termutakhirnya mengatakan sudah menghancurkan 17 sel jaringan Al-Shabaab. Kelompok yang mendapat cap teroris ini juga kehilangan 40 orangnya dalam operasi militer Somalia di ibu kota Mogadishu.

Menteri Dalam Negeri dan Keamanan Nasional Somalia Abdelkarim Hussein Guled membeberkan data itu dalam pembicaraan pada sidang kabinet. "Jaringan Al-Shabaab melakukan tindak kekerasan terhadap warga Somalia," katanya sebagaimana warta AFP pada Selasa (13/8/2013).

Secara rinci, Guled mengatakan kalau anggota sel Al-Shabaab rata-rata ada tiga hingga 11 personel. Kelompok ini memang masuk dalam jaringan Al Qaeda. "Kelompok Al-Shabaab melakukan banyak serangan bersenjata selama Ramadhan," katanya.

Kelompok Al-Shabaab juga melakukan serangan terhadap pasukan penjaga perdamaian Uni Afrika (UA). "Pasukan UA memang bertugas di Somalia," kata Guled.

Guled menambahkan, serangan termutakhir Al-Shabaab terjadi di Pusat Turki di Mogadishu pada Juli lalu. Insiden itu menewaskan seorang penjaga dan satu siswa.


 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com