Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mugabe: Tidak Puas dengan Hasil Pemilu, Silakan Gantung Diri

Kompas.com - 12/08/2013, 20:04 WIB
HARARE, KOMPAS.com - Presiden Zimbabwe Robert Mugabe, Senin (12/8/2013), membuat pernyataan keras terhadap kelompok opposisi yang meragukan kemenangan partainya dalam pemilihan umum beberapa waktu lalu.

"Mereka yang merasa sakit hati atas kekalahan (pemilu), silakan gantung diri jika mau," kata Mugabe di hadapan ribuan pendukungnya dalam upacara penghormatan pahlawan kemerdekaan Zimbabwe.

Dalam pidatonya itu, pemimpin berusia 89 tahun itu bersikukuh tidak akan melepaskan kemenangannya, meski pemimpin oposisi Morgan Tsvangirai mengajukan petisi ke pengadilan terkait hasil pemilu.

"Kita sudah menjalankan demokrasi. Sekarang terima atau tidak sama sekali. Rakyat sudah memberikan pilihannya," tambah Mugabe.

Sementara itu, Tsvangirai bersumpah untuk membeberkan bukti-bukti terkait "pencurian suara" di pengadilan.

Pada Jumat pekan lalu, kuasa hukum Tsvangirai memasukkan petisi ke Mahkamah Konstitusi untuk mempertanyakan hasil pemilihan umum, yang memperpanjang kekuasaan 33 tahun Mugabe selama lima tahun ke depan.

"Yang saya ketahui rakyat berduka akibat pencurian ini," kata Tsvangirai.

"Tetapi si pencuri meninggalkan banyak bukti yang akan kami beberkan  dalam petisi rakyat yang kami daftarkan ke pengadilan pekan lalu," tambah Tsvangirai.

Hasil pemilihan umum Zimbabwe mengakhiri koalisi rapuh pemerintahan Mugabe-Tsvangirai yang dibentuk demi menghindari pertumpahan darah usai pemilihan umum 2008.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com