Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Disidang, Penjahat Perang Nazi Meninggal Dunia

Kompas.com - 12/08/2013, 18:48 WIB

BUDAPEST, KOMPAS.com — Tersangka penjahat perang Nazi asal Hongaria, Laszlo Csatary (98), meninggal dunia saat menunggu proses persidangan terhadap dirinya. Demikian disampaikan kuasa hukumnya.

Kuasa hukum Csatary, Gabor Horvath, mengatakan, kliennya meninggal dunia di rumah sakit Hongaria setelah mengidap berbagai penyakit, pada Sabtu (10/8/2013) pagi.

"Dia telah dirawat karena masalah medis selama beberapa waktu karena radang paru-paru, yang mengakibatkan dia akhirnya meninggal."

Dia didakwa pada bulan Juni lalu oleh tim jaksa Hongaria, yang mengaitkan perannya sebagai kepala sebuah kamp interniran bagi orang Yahudi di Kosice, sebuah kota yang saat itu di bawah kendali Hongaria, tapi sekarang berada di wilayah Slowakia.

Dalam sebuah pernyataan, jaksa mengatakan Csatary "sengaja membantu eksekusi dan penyiksaan terhadap orang-orang Yahudi yang saat itu dideportasi ke kamp konsentrasi".

Pada tahun 1948, Csatary telah dijatuhi hukuman mati walaupun dia tidak pernah hadir di persidangan atas tuduhan melalukan kejahatan perang.

Kabur ke Kanada

Setelah perang usai, dia melarikan diri ke Kanada dan bekerja sebagai pedagang barang-barang seni di Montreal dan Toronto.

Dia menghilang pada 1997 setelah otoritas Kanada melucuti status warga negaranya.

Sejak awal Csatary menjadi target pencarian lembaga Simon Wiesenthal Center, yang selama ini mencari orang-orang yang disebut sebagai penjahat perang Nazi, utamanya yang terkait langsung dengan pembantaian terhadap warga Yahudi.

Keberadaan Csatary berhasil dilacak di Budapest pada Juli 2012 lalu oleh wartawan surat kabar The Sun, Inggris, dengan bantuan dari lembaga Simon Wiesenthal Center, dan kemudian dia dikenakan tahanan rumah oleh otoritas hukum Hongaria.

Selama ini, Csatary merupakan salah seorang penjahat perang Nazi yang paling dicari karena diduga membantu pembantaian 15.700 orang Yahudi selama Perang Dunia II di wilayah Hongaria dan Slowakia.

Csatary telah berulang kali membantah tuduhan terhadap dirinya dengan mengatakan bahwa dia hanyalah perantara antara pejabat Hongaria dan Jerman, dan tidak terlibat dalam kejahatan perang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com