Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Mesir Belum Kunjung Bubarkan Demonstran Pro-Mursi

Kompas.com - 12/08/2013, 18:03 WIB
KAIRO, KOMPAS.com — Aparat keamanan Mesir, hingga Senin (12/8/2013) sore, belum kunjung menggelar operasi pembubaran dua kamp pengunjuk rasa pro-Muhammad Mursi yang seharusnya digelar pada dini hari.

Para pendukung Muhammad Mursi selama beberapa pekan menduduki lapangan Rabaa al-Adawiya dan Ennahda di Kairo. Dari sana mereka menggelar unjuk rasa menuntut dipulihkannya jabatan Muhammad Mursi.

Sejumlah politisi Barat dan negara-negara Arab sudah meminta Angkatan Darat Mesir agar tidak membubarkan paksa para pendukung Muhammad Mursi, yang kini sudah berjumlah puluhan ribu orang.

"Pasukan pemerintah akan dikerahkan pada dini hari nanti untuk membubarkan pengunjuk rasa," kata seorang sumber Minggu (11/8/2013).

Langkah pertama adalah pengepungan kedua pusat pendukung Mursi itu, tambah sang sumber.

Para perwira militer garis keras mendesak Jenderal Abdel Fattah al-Sisi untuk mulai bergerak membubarkan para pengunjuk rasa.

Keputusan memilih Senin untuk menggelar operasi pembubaran unjuk rasa pro-Mursi diambil setelah Menteri Dalam Negeri dan para stafnya melakukan pertemuan.

Untuk mencegah rencana ini, para pendukung presiden terguling Mesir Muhammad Mursi serukan aksi unjuk rasa besar-besaran di berbagai sudut kota Kairo.

Konfrontasi antara para pendukung Muhammad Mursi dan aparat keamanan sudah mengakibatkan 300 orang tewas sejak Mursi digulingkan pada 3 Juli lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com