Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Internasional Nairobi Dilalap Api

Kompas.com - 07/08/2013, 14:52 WIB
NAIROBI, KOMPAS.com — Sebuah kebakaran hebat menyebabkan penutupan bandara internasional Nairobi, Kenya, Rabu (7/8/2013). Akibat penutupan tersebut, sejumlah penerbangan dialihkan ke kota-kota di kawasan sekitar, sedangkan para petugas pemadam kebakaran berjuang untuk memadamkan api di pusat transportasi terbesar di Afrika timur itu.

Gumpalan asap hitam mengepul dari terminal kedatangan utama. Namun, pada sekitar pukul 09.00 waktu setempat (atau pukul 13.00 WIB), sekitar empat jam setelah kebakaran itu terjadi, para petugas pemadam kebakaran berhasil membendung kobaran api.

"Ada kebakaran serius di JKIA (Bandara Internasional Jomo Kenyatta), tetapi kami sedang melakukan segala kemungkinan untuk mengatasi krisis itu," kata pejabat senior Kementerian Dalam Negeri Kenya, Mutea Iringo.

Penyebab kebakaran belum diketahui.

Puluhan ribu penumpang diperkirakan akan terpengaruh oleh penutupan bandara, sedangkan sejumlah bandara di kawasan itu memiliki kapasitas terbatas dan kemungkinan akan berjuang untuk menangani semua wisatawan yang tidak dapat mendarat di Nairobi.

Kementerian Dalam Negeri terpaksa mengeluarkan imbauan publik terkait masalah lalu lintas Nairobi yang terkenal padat agar memberi jalan pada truk-truk pengangkut air yang menuju ke bandara setelah para petugas pemadam kebakaran yang mengatasi kobaran api kesulitan mendapatkan air. "Kecuali pendaratan darurat, semua penerbangan masuk dan keluar dari JKIA telah dibatalkan ... bandara telah ditutup," tambah Iringo.

Pusat Operasi Bencana Nasional Kenya, dalam sebuah perkembangan terbaru pada sekitar pukul 13.00 WIB, mengatakan, bandara "tetap tertutup tanpa batas waktu", tetapi api telah "dijinakkan".

Kebakaran tersebut terjadi dua hari setelah pesawat tertunda selama beberapa jam akibat kerusakan hidran bahan bakar yang dibutuhkan untuk mengisi bahan bakar pesawat. Bencana itu juga terjadi 15 tahun setelah serangan terhadap Kedutaan Besar AS di Nairobi dan di Dar es Salaam, di negara tetangga Tanzania, yang menewaskan lebih dari 224 orang.

AS telah memerintahkan penutupan puluhan kedutaan besar di Timur Tengah dan beberapa negara Afrika karena kekhawatiran terkait serangan Al Qaeda. Namun, Kedubes AS di Kenya tidak termasuk yang ditutup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com